Hasil survei indeks kepuasan

    HASIL SURVEI KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN LAYANAN PPID KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2016

    • Telah dilakukan Survei terhadap Kualitas dan Kepuasan Layanan PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode bulan September sampai dengan November 2016 yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif.

    • Subjek dalam penelitian ini adalah pemohon layanan informasi publik di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, rata-rata setiap tahunnya yaitu berjumlah 310 pemohon. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah secara acak sederhana (simple random sampling).

    • Pada penelitian ini peneliti telah menentukan jumlah keseluruhan populasi yaitu 310 pemohon informasi akan dijadikan sampel yaitu sebesar 76 responden dengan nilai Error yang ditoleransi terhadap ketidaktepatan penggunaan sampel sebagai pengganti populasi yang ditetapkan 10 % atau 0,1.

    • Survei Kualitas Layanan dilakukan terhadap variabel : Berwujud (tangible), Reliabilitas (reliability), Ketanggapan (responsivness), Jaminan dan kepastian (assurance) dan Empati (empathy). Sedangkan survei Kepuasan Layanan dilakukan terhadap variabel : Information, Consultation, Ordertaking, Hospitality, Caretaking, dan Exceptions.
    • Hasil Survei Kualitas Layanan (X) adalah sebagai berikut:

    KODE

    INDIKATOR

    PRESENTASI

    (PX1)

    PPID memiliki ruangan yang rapih dan nyaman.

    93%

    (PX2)

    PPID memiliki fasilitas yang lengkap.

    79%

    (PX3)

    Petugas berpenampilan rapih dan bersih.

    88%

    (PX4)

    Informasi Publik Kementerian PUPR sudah akurat dan terpercaya.

    91%

    (PX5)

    Pelayanan sudah memenuhi standar ketepatan waktu.

    89%

    (PX6)

    Petugas menyampaikan informasi dengan jelas.

    95%

    (PX7)

    Cepat tanggap dalam menangani keluhan melalui kualitas pelayanan PPID

    80%

    (PX8)

    Dapat menumbuhkan  kepercayaan pemohon kepada penyedia layanan

    93%

    (PX9)

    Petugas bersikap selalu sopan.

    96%

    (PX10)

    Petugas memiliki kemampuan dalam memberikan informasi publik.

    100%

    (PX11)

    Petugas memahami informasi yang Anda butuhkan.

    91%

    (PX12)

    Petugas memberikan perhatian kepada pemohon

    88%

    (PX13)

    Petugas membuat pemohon merasa nyaman.

    99%

     

    • Hasil Survei Kepuasan Layanan (Y) adalah sebagai berikut:

    KODE

    INDIKATOR

    PRESENTASI

    (PY1)

    PPID memberikan informasi dengan tepat kepada pemohon

    93%

    (PY2)

    PPID memberikan informasi yang cepat.

    96%

    (PY3)

    PPID memberikan kemudahan bagi pemohon dalam mendapatkan informasi.

    96%

    (PY4)

    Adanya komunikasi berupa konsultasi antara pemohon dengan petugas pelayanan mengenai prosedur dan kebijakan-kebijakan.

    100%

    (PY5)

    PPID menyiapkan waktu,materi konsultasi dan sarana lainnya secara cepat dan lengkap

    93%

    (PY6)

    Pemohon merasa PPID dalam pemenuhan administrasi tidak berbelit-belit.

    92%

    (PY7)

    PPID fleksibel dan memberikan Anda kemudahan.

    91%

    (PY8)

    PPID Kementerian PUPR sopan dan ramah.

    92%

    (PY9)

    PPID memiliki ruangan yang sehat dan indah.

    97%

    (PY10)

    Tersedianya toilet yang sehat dan bersih.

    93%

    (PY11)

    PPID memberikan pelayanan sesuai dengan perbedaan kondisi pemohon.

    96%

    (PY12)

    Pemohon Infomasi yang tidak bisa menulis atau membaca disediakan cara aplikasi lainnya.

    89%

    (PY13)

    Pemohon informasi disediakan tempat parkir sesuai jenis kendaraannya.

    100%

    (PY14)

    PPID bertanggung jawab terhadap klaim pemohon atas penyampaian informasi yang tidak berkualitas dan merugikan.

    97%

    (PY15 )

    PPID siap bertanggung jawab apabila terdapat kebijakan yang menguntungkan kelompok tertentu dan merugikan kelompok lainnya.

    91%

Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Layanan Informasi Publik, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 7228497
  • informasi@pu.go.id | informasipu@yahoo.com