Hasil survei indeks kepuasan

    HASIL SURVEI KEPUASAN LAYANAN PPID KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2019
     

    • Telah dilakukan Survei terhadap Kepuasan Layanan PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode Tahun 2019 yang menggunakan riset kuantitatif.

    • Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara pengisian kuisioner langsung di lapangan kepada responden yang sudah ditentukan jumlahnya. Kuisioner disampaikan dengan cara tatap muka langsung, survei elektronik melalui email dan menelpon pengguna secara langsung.

    • Penetapan responden menggunakan cara sistematis sampling. Jumlah responden ditentukan berdasarkan kebutuhan tingkat ketelitian atau selang kepercayaan yang diinginkan. Intensitas sampling yang ditetapkan minimal 10%.

    • Berdasarkan data Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tercatat sekitar 594 pengguna layanan informasi publik sepanjang tahun 2019

    • Parameter-parameter penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut:
       
      1. Persyaratan pelayanan
      2. Prosedur pelayanan
      3. Waktu pelayanan
      4. Biaya/tarif
      5. Produk/jasa
      6. Kompetensi petugas pelaksana/sistem
      7. Perilaku pelaksana/kemudahan sistem
      8. Maklumat Pelayanan
      9. Penanganan pengaduan, saran, masukan
    • Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap Pelayanan Informasi Publik pada Kementerian PUPR maka didapat hasilnya:
       
      1. Dari hasil perhitungan skor tertinggi ada pada aspek kemudahan tentang prosedur pelayanan untuk dipahami dan diperoleh. Ini menunjukan bahwa tidak perlu persyaratan yang terlalu banyak dan berbelit untuk mendapatkan layanan informasi Kementerian PUPR
      2. kompetensi pengetahuan yang dimiliki oleh petugas pelayanan mendapat skor tertinggi kedua dari sisi kinerja pelayanan informasi di Kementerian PUPR. Responden menilai bahwa petugas pelaksana pelayanan informasi publik cukup baik sehingga sistem dapat berjalan secara benar. Ini menunjukkan sikap petugas pelayanan yang cukup cepat dan responsif dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan pelayanan informasi. Masyakat merasa harapannya sudah terpenuhi.
      3. Namun satu hal yang masih mengganggu kinerja pelayanan informasi Kementerian PUPR, yaitu ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan sesuai yang diinformasikan, yang mendapat skor paling rendah berada pada rentang penilaian yang kurang baik
      4. Dengan demikian Kinerja Pelayanan Informasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Tahun 2019 disimpulkan Baik
Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Layanan Informasi Publik, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 7228497
  • informasi@pu.go.id