Hasil survei indeks kepuasan

    HASIL SURVEI KEPUASAN LAYANAN PPID KEMENTERIAN PUPR TAHUN 2020
     

    • Telah dilakukan Survei terhadap Kepuasan Layanan PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode Tahun 2020 yang menggunakan riset kuantitatif.
    • Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara pengisian kuisioner langsung kepada responden yang sudah ditentukan jumlahnya. Kuisioner disampaikan dengan cara survei elektronik melalui email dan aplikasi e-SLIP di tautan eslip.pu.go.id
    • Penetapan responden menggunakan cara sistematis sampling. Jumlah responden ditentukan berdasarkan kebutuhan tingkat ketelitian atau selang kepercayaan yang diinginkan. Intensitas sampling yang ditetapkan minimal 10%.
    • Berdasarkan data Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tercatat sekitar 964 pengguna layanan informasi publik sepanjang tahun 2020.
    • Dalam pelaksanaan survei ini, dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian hasil survei, yang mencakup langkah-langkah, sebagai berikut:
      1. Menyusun pertanyaan survei
      2. Menentukan responden
      3. Melaksanakan survei
      4. Penyerahan laporan hasil monitoring dan evaluasi serta survey
    • Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap Pelayanan Informasi Publik pada Kementerian PUPR maka didapat hasilnya:
      1. Dari hasil perhitungan skor tertinggi ada pada aspek kemudahan tentang prosedur pelayanan untuk diperoleh dan dipahami. Hal Ini menunjukan bahwa seluruh prosedur pelayanan tidak hanya mudah dipahami tapi juga mudah untuk dipenuhi oleh publik;
      2. Kompetensi pengetahuan yang dimiliki oleh petugas pelayanan mendapat skor tertinggi kedua. Responden menilai bahwa petugas pelaksana layanan informasi publik sudah mumpuni dan responsif dalam memberikan pelayanan terhadap kebutuhan pemohon. Masyakat merasa harapannya sudah terpenuhi;
      3. Namun satu hal yang masih perlu mendapat perhatian yaitu ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan sesuai yang diinformasikan, karena memiliki skor paling rendah berada pada rentang penilaian yang kurang baik. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pemohon dengan harapan publik yang tidak sesuai dengan layanan yang diberikan Kementerian PUPR;
      4. Terdapat aspek yang masih perlu dikaji lebih dalam, yaitu kemudahan untuk memenuhi/memperoleh persyaratan pelayanan karena hasil perhitungannya terbagi antara nilai yang paling besar dalam hal ketidakpuasan dan nilai yang respondennya paling banyak menilai sudah puas atas persyaratan pelayanan. Mengingat adanya perbedaan antara persyaratan pelayanan untuk pemohon informasi yang dibagi dalam 3 kategori yaitu: pemohon individual, Badan Hukum dan Kelompok Masyarakat. Apakah skor ketidakpuasan tersebut didapat dari pemohon Badan Hukum dan Kelompok atau individu;
      5. Berdasarkan hasil rata-rata perhitungan kepuasan pemohon informasi yaitu berada di angka 70% maka dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pelayanan Informasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Tahun 2020 adalah Baik.
Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Layanan Informasi Publik, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 7228497
  • informasi@pu.go.id