Menteri Basuki Apresiasi Penyerahan Bibit Tanaman untuk IKN dari Purnawirawan TNI AD

RILIS PUPR 1

21 NOVEMBER 2022

SP.BIRKOM/XI/2022/616

 

Bekasi - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresiasi penyerahan bantuan 141.400 bibit tanaman dari 65 jenis tanaman dan 17.000 rumput vetiver untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dari Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD).

 

Bibit tanaman diserahkan oleh Ketua PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Monardo kepada Menteri Basuki di Kebun Bibit Cibubur, Jalan Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

 

Menteri Basuki mengatakan, bantuan bibit tanaman tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembangunan IKN, yakni menjamin kualitas, menjaga kelestarian lingkungan, dan memperhatikan estetika.  

 

"Ini merupakan anugerah bagi Kementerian PUPR yang diberikan tugas membangun prasarana di IKN. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada PPAD dan pasti ini akan kami laporkan kepada Presiden tentang kerja sama antara Kementerian PUPR, Badan Otorita IKN dan PPAD dalam rangka keberlanjutan lingkungan pembangunan IKN," kata Menteri Basuki. 

 

Menurut Menteri Basuki, kerja sama dengan PPAD dalam pembangunan IKN akan terus berlanjut usai penyerahan bantuan bibit tanaman tersebut. "Bantuan bibit tanaman ini suatu sumbangan yang sangat luar biasa. Kerja sama ini tidak akan putus setelah kita dapat tanaman, tapi pasti akan kita libatkan terus karena menanam pohon harus dilakukan ahlinya, tadi ada ahli dari Institut Pertanian Bogor yang dilibatkan," ujarnya.

 

Dikatakan Menteri Basuki, Pemerintah telah merencanakan penanaman pohon di IKN karena selama ini kawasan hutan tersebut merupakan tanaman industri yang monokultur/homogen. "Seperti yang disampaikan dalam urban design IKN, sebanyak 75% diperuntukkan untuk ruang terbuka hijau, penghijauan juga dilakukan di seluruh pembangunan infrastruktur termasuk sepanjang jalan yang dibangun," ujarnya.

 

Salah satu langkah yang telah dilakukan Pemerintah untuk penghijauan IKN adalah dengan membangun pusat persemaian Mentawir di Bukit Bangkiran yang nantinya akan memproduksi sekitar 15-20 juta bibit pohon. Kementerian PUPR akan memberikan dukungan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar. 

 

"Untuk itu kita bangun bendungan dan akan ada 19 embung yang dibangun di kawasan IKN. Embung-embung ini berfungsi menampung air hujan sehingga tidak terbuang langsung ke laut atau teluk Balikpapan," kata Menteri Basuki.

 

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Monardo mengatakan, penyerahan bibit tanaman ini bertujuan untuk menghijaukan IKN. "Untuk kepentingan negara kita dalam rangka menghijaukan IKN dan program ini juga dibantu sejumlah kalangan termasuk TNI, termasuk masyarakat yang berdomisili di Jatikarya,” kata Doni.

 

Turut hadir dalam acara tersebut para Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian PUPR, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, dan Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan. (*)

 

Biro Komunikasi Publik

Kementerian PUPR

 

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Twitter : @kemenpu

Instagram : kemenpupr

Youtube : kemenpu

 

#PUPRSigapMembangunNegeri

Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Pelayanan Publik Terpadu, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 158
  • informasi@pu.go.id