Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kementerian PUPR Rehabilitasi Prasarana Sekolah di Papua

RILIS PUPR 2

21 NOVEMBER 2022

SP.BIRKOM/XI/2022/617

 

Jakarta – Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen untuk melakukan pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan di Indonesia. Terutama fasilitas pendidikan yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

 

Melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR telah melaksanakan rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana sekolah di Kabupaten Yahukimo, Papua yang meliputi SD Inpres Hilipuk, SD Inpres Sarigon, SD Inpres Wenapong, SD Inpres Wesagalep , SD Inpres Nipsan , dan SMP Negeri Ninia.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, rehabilitasi fasilitas pendidikan merupakan instruksi Presiden Jokowi kepada Kementerian PUPR, yaitu untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi bagi 10.453 sekolah, 1000 madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) 41 PTN serta 8 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

 

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” jelas Menteri Basuki.

 

Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana sekolah di Kabupaten Yahukimo ini dilaksanakan oleh PT Cucu Wali Perkasa sebagai kontraktor pelaksana dan konsultan dari PT Gapura Nirwana Agung Konsultan. 

 

“Pekerjaan dilakukan dengan skema Multi Years Contact (MYC) TA 2021-2022 sejak Maret 2021 dengan nilai kontrak sebesar Rp18,8 miliar yang bersumber dari APBN,” ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Corneles Sagrim.

 

Corneles menambahkan, lingkup pekerjaan yang dilakukan meliputi pekerjaan ruang kelas, pembangunan gedung kantor/ ruang guru, lapangan upacara, taman, stepping, gapura, pagar, saluran air kotor, penampung air hujan, SMK3 hingga pekerjaan fasilitas cuci tangan. “Saat ini progress fisik pekerjaan pada seluruh sekolah tersebut sudah selesai dan mencapai 100%,” tandas Corneles.

 

Dengan rampungnya pekerjaan rehabilitasi dan renovasi prasarana sekolah di Kabupaten Yahukimo, Papua ini, Kementerian PUPR berharap kualitas pendidikan di Papua akan semakin meningkat karena sarana prasarana dasar sudah terfasilitasi lebih baik oleh pemerintah. (*)

 

Biro Komunikasi Publik

Kementerian PUPR

 

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Twitter : @kemenpu

Instagram : kemenpupr

Youtube : kemenpu

 

#PUPRSigapMembangunNegeri

 

Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Pelayanan Publik Terpadu, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 158
  • informasi@pu.go.id